Home / Kegiatan / Laboratorium Geologi dan Survey

Laboratorium Geologi dan Survey

LABORATORIUM GEOLOGI DAN SURVEY

 

Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Mulawarman bisa dibilang sangat beruntung. Tidak hanya melulu melakukan kegiatan perkuliahan di kelas saja, tapi Fakultas menyediakan sebuah Laboratorium yaitu Laboratorium Geologi dan Survei. Bahkan dapat dibilang waktu kami lebih banyak dihabiskan di Lab ini. Bukan hanya untuk melakukan kegiatan perkuliahan, tetapi kami melakukan kegiatan praktikum disini, mulai dari sebagai praktikan hingga sebagai asisten praktikum.

 

Laboratorium ini merupakan salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para mahasiswa, bukan hanya mahasiswa Geologi saja, tetapi mahasiswa dari program studi lain pun menggunakan laboratorium ini, mulai dari Teknik sipil, teknik pertambangan S1 maupun D3, dan tenik lingkungan. Jadi sudah bisa dibayangkan betapa ramainya lab ini ketika waktu praktikum tiba. Praktikum yang dilakukan di Lab ini pun tak sedikit. Mulai dari praktikum Perpetaan, Geologi Dasar, Geologi Teknik, Kristalografi dan Mineralogi, Teknik Pemboran, Petrologi, Paleontologi, Geomorfologi, Geologi Struktur, serta Sedimentologi dan Stratigrafi. Sudah dapat dibayangkan Laboratorium Geologi dan Survey merupakan tempat ter-famous di wilayah Fakultas Teknik.

 

Lab ini terdiri dari 2 lantai. Untuk isi laboratorium ini sendiri, pada bagian lantai 1 terdapat 3 ruangan pada lantai bawah, dimana 1 ruangan untuk Laboran dan petugas Lab, dan dua lainnya digunakan untuk penyimpanan alat. Dan juga terdapat 1 ruangan yang cukup besar yang telah disekat menjadi 2 bagian, ruangan ini digunakan untuk kegiatan praktikum. Kemudian di lantai atas terdapat 3 ruangan yang juga digunakan sebagai tempat praktikum, dimana salah satu ruangan terdapat rak-rak penyimpanan batuan-batuan serta fosil sebagai media penunjang proses jalannya praktikum dan terdapat 1 ruangan yang disediakan untuk asisten praktikum. Mungkin menjadi pertanyaan mengapa lab ini begitu banyak menyediakan ruangan untuk praktikum, mengingat bukan hanya mahasiswa Teknik Geologi saja yang menjalani praktikum di lab ini, tetapi empat program studi lainnya pun melakukan praktikum di lab ini. Bahkan dalam 1 semester, terdapat dua angkatan dalam satu program studi yang melakukan praktikum di lab ini. Hal itu yang membuat harus dibuatnya jadwal praktikum serta ruangan mana yang diperbolehkan praktikum tersebut gunakan, agar tertata dengan rapi serta asisten praktikum tidak lagi memperebutkan satu ruangan untuk ia gunakan.

 

Alat yang ada di Laboratorium ini pun sudah dapat dibilang cukup menunjang proses berlangsungnya kegiatan setiap praktikum, seperti total station, theodolite, waterpass, gps, kompas, palu (beku, sedimen, dan metamorf), lup, komparator batuan, mikroskop polarisasi, dan masih banyak lagi alat-alat penunjang untuk proses perkuliahan maupun praktikum. Namun, untuk meminjam alat-alat tersebut tidak sembarangan. Dalam lab ini terdapat aturan baku dalam prosedur peminjaman alat, hal ini dibuat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

About Heriyanto Heriyanto

Check Also

NEOGEN 1.0

NEOGEN 1.0 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.