Home / Berita Geologi / MOZAIC PERJALANAN 2 HARI: SMELTER TEMBAGA GRESIK DAN LUMPUR SIDOARJO

MOZAIC PERJALANAN 2 HARI: SMELTER TEMBAGA GRESIK DAN LUMPUR SIDOARJO

  • Surabaya, 11-12 Agustus 2017. Walaupun tugas geolog pada sekuen pengelolaan sumberdaya kebumian lebih banyak berada di bagian hulu (eksplorasi), namun pemahaman bagian hilir termasuk pemrosesan bijih/ konsentrat tembaga sangat diperlukan. Kunjungan PP-IAGI ke fasilitas smelter tembaga PT Smelting Indonesia (11 Agustus 2017) dimaksudkan untuk itu. Pernak-pernik proses peleburan dan pemurnian konsentrat tembaga yg sebagian besar dari tambang PT Freeport Indonesia di Papua dijelaskan dan ditunjukkan secara transparan oleh PT Smelting Indonesia. Termasuk pula bentuk produk akhir berupa katoda tembaga, serta sisa lumpur anoda dikemanakan. Produk akhir dari pemrosesan adalah katoda tembaga, asam sulfat, terak tembaga, gipsum dan lumpur anoda. Yang menarik adalah produk asam sulfat lansung dialirkan melalui pipa saluran ke pabrik pupuk yang lokasinya bersebelahan dengan PT Smelting.

    Lumpur Sidoarjo (Lusi) masih menyisakan masalah sejak meletus pada 2006. Kunjungan PP-IAGI ke kantor PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo) disambut sangat baik oleh Kepala PPLS dan jajarannya. Rencana menjadikan Lusi sebagai geopark didorong lagi pada pertemuan tersebut. Ini akan menjadi kerja besar semua pihak, bagaimana mendayagunakan Lusi untuk kemanfaatan bersama. Pada 12 Agustus, tim juga mengunjungi lokasi Lusi dan spot-spot menarik lain (geosite) dalam rangka persiapan pengorganisasian “field trip” terkait dengan acara JCM (IAGI-HAGI-IAFMI-IATMI) akhir September nanti.

    Dua perjalanan tersebut menjadi agenda PP-IAGI selama 2 hari terakhir. Tim IAGI terdiri dari PP-IAGI (Sukmandaru Prihatmoko), Pengda Jatim (Handoko Teguh Wibowo, Soffian Hadi, Hendra) MGEI (Arif Zardi Dahlius), MAGI (Heryadi Rachmat). Terima kasih disampaikan kepada Kepala PPLS (Dwi Sugiyanto) dan jajarannya serta PT Smelting Indonesia (Bouman Sembiring). (Biro Media IAGI)

About Hery

Leave a Reply

Your email address will not be published.