Home / Kegiatan / Kuliah Tamu Kewirausahaan

Kuliah Tamu Kewirausahaan

KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN

by Seno Ardika

Samarinda, Bapak Seno Ardika, Managing Director PT Dinar Energi Utama, Rabu 12 April 2017, memberikan kuliah tamu Mata Kuliah Kewirausahaan, Program Studi Teknik Geologi di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.

 

 

Kuliah tamu ini digelar pukul 09.20 WITA untuk mata kuliah Kewirausahaan Program Studi Teknik Geologi, Universitas Mulawarman. Pengisi materi pada kuliah tamu ini ialah, Bapak Seno Ardika. Berbagai inspirasi, pengalaman, serta motivasi yang diperoleh mahasiswa program studi teknik geologi dalam pemaparan yang diberikan oleh Bapak Seno. Bapak Seno Ardika sendiri merupakan lulusan dari Fakultas Pertanian, Jurusan Agroekoteknologi Universitas Mulawarman, dan sekarang ia  merupakan pendiri serta Managing Director pada sebuah perusahaan PT Dinar Energi Utama.

 

 

Banyak sekali pelajaran dari perjalanan hidup yang dapat diambil dari pemaparan Bapak Seno Ardika. Kisah dan perjalanannya dari seorang mahasiswa yang bekerja menjadi cleaning service pada sebuah tempat bimbingan belajar Primagama, hingga menjadi Managing Director PT Dinar Energi Utama. Bapak Seno Ardika juga membagikan ilmu pengetahuan berharga tentang wirausaha yang diperolehnya sejak masa kuliahnya dulu.

 

 

Bapak Seno Ardika menceritakan pengalamannya dahulu saat kuliah, ia bekerja sebagai clening service pada pukul 04.00 s/d 07.30 yang dilanjutkan kuliah pada pukul 08.00. tetapi dengan keadaan seperti itu tidak menurunkan semangat belajar di bangku perkuliahan. Terbukti dengan ia sanggup menyelesaikan studinya.

 

Untuk perjalanannya hingga sukses mendirikan PT Dinar Energi Utama sangatlah panjang. Jatuh dan bangun telah ia lewati, Bapak Seno Ardika berkata untuk menggapai impian kita harus berusaha, pintar, dan juga berani. Awal mula ia bercerita bahwa ia awalnya bekerja sebagai sales marketing pada salah satu toko alat survey. Bapak Seno bahkan awalnya tidak tahu tentang alat survey serta bagaimana mengoprasikannya. Karena tuntutan pekerjaan itu, mengharuskan ia belajar hingga akhirnya ia belajar mengenai alat survey pada dosen-dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

 

 

Sampai pada akhirnya, Bapak Seno Ardika membuat system marketing kemudian ia lelang untuk mendapatkan investor. Dari system marketing yang pertama ini ia mendapatkan investor, namun ia tidak berani untuk melanjutkan dikarenakan Bapak Seno Ardika Sendiri tidak yakin dengan system yang ia buat sendiri ini akan berjalan dengan baik. Dari pengalaman itu ia mengakatan bahwa kita harus berani, yakin dan percaya diri dengan kemampuan kita. Hingga akhirnya Bapak Seno Ardika bangkit dari pengalaman sebelumnnya, lalu terciptalah PT Dinar Energi Utama yang bergerak di bidang penyewaan dan penjualan alat-alat survey serta menyediakan berbagai jasa survey.

 

 

Terakhir dalam pemaparannya, Bapak Seno Ardika memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Geologi untuk selalu berusaha, pintar, dan yakin dalam menggapai impian yang diinginkan.

 

 

“Kita harus pintar untuk mencari peluang, yakin dan percaya diri pada kemampuan yang kita miliki, serta selalu berusaha dengan semaksimal mungkin.”

 

 

(Tutut Mulyamah, 1409085006)

 

About Heriyanto Heriyanto

Check Also

A-Z PETROLEUM GEOLOGIST

ISPG and HMTG UNMUL proudly present A-Z PETROLEUM GEOLOGIST 2018 . IT’S TIME!! IN OUR …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *