Home / Fieldtrip / Seminar Pelantikan dan Fieldtrip SM-IAGI 2018

Seminar Pelantikan dan Fieldtrip SM-IAGI 2018

Seminar Pelantikan dan Fieldtrip SM-IAGI  2018

Credit : Ahmad Humam

 

Seminar Pelantikan dan Fieldtrip SM-IAGI  2018

Sat,26.05.18

Samarinda, Ruang Kelas Besar FT UNMUL – Pada Sabtu (12/05/2018), menjadi momen penting bagi Mahasiswa S1 Teknik Geologi Unmul dalam acara Seminar Pelantikan SM-IAGI Unmul diilanjut keesokan harinya pada Minggu, (13/05/2018) melakukan Fieldtrip (Ekskursi) ke daerah Graha Indah, Samarinda, tepatnya di Bukit Batuputih yang dikenal sebagai salah satu bukit gamping yang ada di kota Samarinda.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari event Seminar Pelantikan dan Fieldtrip Regional SM-IAGI Unmul. Hasil kolaborasi sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Unmul dengan mengusung tema Kekayaan Geologi Kalimantan Timur yang kemudian turut membahas sub tema Potensi Geologi Kalimantan yang dibawakan oleh pemateri dari IAGI Pengda Kaltim, dan juga Mitigasi yang dibawakan oleh Ketua Pelaksana BPBD Kaltim.

Dalam Kegiatan Fieldtrip (Ekskursi) ini, selain peserta dari S1 Teknik Geologi FT Unmul ikut bergabung juga mahasiswa S1 Teknik Pertambangan FT Unmul.

Bukit Batuputih, sebagai stop-site pertama, merupakan bentukan bukit gamping yang tersingkap pada ketinggian, membuat Batuputih sebagai salah satu ikon kota Samarinda,  kemegahan bukit gamping tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah dari atas bukit tapi juga tersimpan kekayaan geologi apabila di ulik geologi sejarah terbentuknya juga kandungan fosilnya.

Stop-site berikutnya rombongan bertolak ke desa yang dinamai “Kampung Minyak”, sesuai dengan namanya desa ini merupakan tempat dimana pernah ditemukan reservoir minyak, bahkan menurut catatan sejarah sumur yang ditemukan di daerah ini pernah menyemburkan api dari gas setinggi 12 meter. Namun, sangat disayangkan bahwa sumur yang dimaksud tersebut sudah tidak dapat terlacak lagi.

Tiba di Stop-site terakhir yakni Mud Volcano, atau lebih dikenal dengan Gunung Lumpur. Fenomena gunung lumpur yang ada di samarinda ini terjadi karena terobosan fluida akibat adanya tekanan terhadap lapisan batuan yang belum matang melalui rekahan-rekahan pada batuan hingga sampai ke permukaan.

Dengan berbekal pengetahuan dan kemampuan yang ada harapannya reaktivasi SM-IAGI Unmul ini dapat menjadi sumbangsih segenap mahasiswa Universitas Mulawarman utamanya mengenalkan bidang Geologi yang masih asing dikenal masyarakat awam di Kalimantan.

 

 

About Heriyanto Heriyanto

Check Also

PENGUMUMAN UNTUK ANGKATAN 2014

PEMETAAN GEOLOGI MANDIRI DAN SKRIPSI Setiap mahasiswa melakukan pemetaan geologi permukaan dengan ukuran peta 4 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *