Home / Kegiatan / STUDENT VOLUNTER MGEI

STUDENT VOLUNTER MGEI

STUDENT VOLUNTER MGEI 7th

ANNUAL CONVENTION BALIKPAPAN 2015

5

Nama saya Iswan Arsidi, mahasiswa program studi Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Mulawarman angatan 2014. Kalau dari foto di atas, saya yang berada di barisan paling kiri menggunakan celana jeans biru dan sepatu cokelat, salam kenal ;). Pada tulisan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya pada saat menjadi student volunter di kegiatan MGEI di Balikpapan, oktober 2015 silam.

Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia adalah suatu forum di bawah naungan IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) yang menghimpun para penggiat geologi ekonomi terutama para geologiawan yang bergerak di bidang usaha pertambangan mineral dan batubara. MGEI dideklarasikan di Bandung pada 27 Agustus 2008.

Di dalam forum ini para penggiat geologi ekonomi sering mengadakan diskusi-diskusi dan pembahasan tentang geologi, model pembentukan cebakan mineral  atau hal lain berkaitan dengan usaha pertambangan mineral dan batubara di Indonesia.

Pada tahun 2015, MGEI kembali melakukan pertemuan rutin seperti tahun-tahunsebelumnya, kali ini pertemuan tersebut diselenggarakan di hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk memperlancar jalan nya kegiatan, pihak penyelenggarapun mengundang 5 orang mahasiswa Teknik Geologi universitas Mulawarman untuk menjadi student volunter di kegiatan tersebut. Saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. ya, hitung-hitung untuk menambah pengalaman, apalagi untuk mahasiswa di program studi yang terhitung baru seperti kami, moment seperti ini sangat berharga, bias bertemu dengan pakar-pakar geologi di Indonesia, bahkan bisabertemu dengan mahasiswa geologi dari Universitas lain yang ikut dalam lomba student poster contest di kegiatan ini.

Acara MGEI Balikpapan ini dibagi menjadi2 jenis kegiatan, yaitu Acara Resources/Potential Range Analysis workshop yang dilakukan pada tanggal 2 dan 3 Oktober, dan Acara Tahunan MGEI ke-7 Indonesia’s Mineral and Resources: Discovery to Inventory. Pada saat tiba di Balikpapan, pihak panitia penyelenggara pun langsung menyambut kami (tim student volunteer) dan memberi pengarahan untuk persiapan kegiatan.

Pada hari pertama hingga hari ke 2 tepatnya tanggal 2-3 Oktober 2015 kami membantu memfasilitasi kegiatan workshop. Dalam kegiatan ini, para peserta workshop berdiskusi membahas mengenai resource/potential range analysis. Yah, materi yang tentunya berat untuk mahasiswa geologi semester 3 seperti kami waktu itu. Kami pun diberi kesempatan untuk ikut bergabung dalam meja diskusi, walaupun hanya menyimak. Saya begitu kagum melihat para pakar geology dalam beragumen, dan termotivasi untuk lebih memperdalam lagi ilmu pengetahuan tentang geologi.

Setelah kegiatan workshop selesai, kami pun langsung mempersiapkan kegiatan selanjutnya, yaitu acara tahunan MGEI ke-7 Indonesia’s Mineral and Resources: Discovery to Inventory yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 oktober 2015. persiapan yang dilakukan mulai dari dekorasi ruangan, konsep acara, serta perlengkapan lain yang dibutuhkan, persiapan ini memakanwaktu hingga malam hari.

Acara tahunan MGEI ke-7 Indonesia’s Mineral and Resources: Discovery to Inventory pun berlangsung dengan baik dan sesuai rencana. Rangkaian acara dimulai dari pembukaan dan sambutan-sambutan, serta presentasi MGEI student poster contest. Kami pun berbagi tugas dalam acara ini, saya sendiri bertugas sebagai cameramen. Acara berlangsung daripagi hingga sore hari.

6

(Ini ceritanya Cameramen terkenal, hehe)

Selama menjadi student volunteer pada kegiatan MGEI Balikpapan ini, banyak pengalaman dan ilmu bermanfaat yang sayadapatkan. Mulai dari kerjasama tim, manajemen waktu, manajemen kegiatan, serta dapat melihat dan bertemu langsung dengan pakar-pakar geologi di organisasi MGEI, serta termotivasi untuk memperdalam ilmu dan kerja keras agar suatu saat juga mampu ikut di kegiatan MGEI, bukansebagai student volunteer, tapi sebagai pesert dalam MGEI student poster contest.

Iswan Arsidi

About Heriyanto Heriyanto

Check Also

NEOGEN 1.0

NEOGEN 1.0 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.