Home / Fieldtrip / Kelas Terakhir Matakuliah Geologi Struktur

Kelas Terakhir Matakuliah Geologi Struktur



Last Class of Structural Geology

 

24 Mei 2017, pertemuan terakhir untuk matakuliah Geologi Struktur akan lebih abdol langsung melihat gejala2 Geologi di lapangan.

Tidak perlu lokasi yang jauh, cukup lokasi favorit saja, SMAN 1 dan Mudvulcano.

Kekar yg terisi mineral kalsit. Awalnya kami kira silika, sehingga agak susah menjelaskannya, eh ternyata bereaksi dg HCl, jadi gampang dah, itu adalah kekar akibat retakan saat perlipatan pada kondisi laut dan retakan terisi air asin yang kemudian membentuk mineral kalsit.

Sesar minor.

Terlihat jelas adanya pergeseran pada perlapisan batuan walau hanya beberapa cm. Secara kasat mata terlihat sisi atas bidang sesar merupakan hanging wall yang bergerak turun.

Sayang lupa menanyakan ke mahasiswa saat mereka selesai mengukur arah gores garis, maklum sibuk dengan menjawab pertanyaan tentang kekar dll.

Berdasarkan teori Harding, sesar minor ini akibat efek dari perlipatan dan sesar naik yang ada di sisi Timur Kota Samarinda dengan arah hampir Utara-Selatan.

Mudvulcano.

Walaupun namanya ada vulcano, tp proses ini bukan akibat gunung berapi.

Material lempung yang belum sempat mengalami litifikasi atau pembatuan, terendapkan dan akibat gaya gravitasi tertekan hingga material tersebut naik ke permukaan melalui celah2 sesar/kekar. Sayang masih belum ada penelitian yang lebih lanjut tentang Mudvulcano ini.

Rasa Mudvulcano asin, mungkin ada yang mau menjadikan sebagai bahan lulur?

About Hery

Check Also

Fieldtrip Mata Kuliah Geologi Dasar

Field Trip Mata Kuliah Geologi Dasar   (22 Agustus 2016)   Mahasiswa yang mengambil program …

Leave a Reply

Your email address will not be published.